Selasa, 27 Desember 2011

Peralatan Standar untuk Perbaikan Kecil

oleh: Rasantika M. Seta
Peralatan Standar untuk Perbaikan Kecil

Perbaikan kecil memutuhkan peralatan standar. Apa sajakah itu?

Untuk memasang dan memperbaiki hal-hal kecil di rumah, sediakan peralatan standar berikut:
  1. Kunci Inggris . Kunci untuk membuka mur dan baut ini sangat fleksibel. Ukuran besar kecil kunci dapat disesuaikan dengan ukuran mur dan baut. Selain itu, kunci ini juga dapat dipergunakan untuk melonggarkan dan mengencangkan sambungan pada pipa wastafel, keran, dan kloset.
  2. Obeng . Obeng sangat penting untuk mengencangkan sekrup. Minimal sediakan obeng plus dan minus. Bentuk dan ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika mungkin, sediakan juga obeng yang dapat beroperasi dengan mesin bor kecil bertenaga baterai. Obeng jenis tespen juga penting untuk mengetahui adanya arus listrik pada kabel atau stopkontak.
  3. Palu . Peralatan berkepala besi ini banyak dipergunakan untuk memasang paku pada kayu dan dinding tembok. Palu yang memiliki pencongkel, dapat dipergunakan juga untuk mencongkel paku. Kepala palu berlapis karet cocok untuk menggetok bahan yang lunak, seperti kayu, agar tak cacat.
  4. Kunci L . Disebut demikian karena kunci ini berbentuk L. Alat yang terbuat dari besi berbentuk segienam ini dipakai untuk membuka mur baut berkepala segi enam. Biasanya mur baut seperti ini dipergunakan pada furnitur knock down.
  5. Tang . Penting untuk memotong kabel listrik, atau memelintir kabel. Untuk kepentingan yang multifungsi, bisa dipilih tang yang sekaligus sebagai pemotong, penjumput, dan pemelintir kabel. Pilih juga tang yang memiliki gagang berlapis karet.
  6. Bor . Dipergunakan untuk membuat lubang pada dinding, kayu, atau besi. Untuk kepentingan ringan, gunakan bor bertenaga baterai. Untuk kepentingan sedang hingga berat, gunakan bor listrik.
Foto: iDEA/Richard Salampessy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar